Minggu, 22 April 2012

11 Ide Penemuan Teknologi Modern Berasal dari Cerita Fiksi Ilmiah




Beberapa hal harus dilihat dulu baru dapat dipercaya. Namun ada hal-hal yang bisa dipercaya sebelum dilihat. Itulah imajinasi. Imajinasi adalah pembentuk dunia kita. Banyak teknologi yang sekarang sedang dinikmati oleh Wikimuer idenya bukan dari para ilmuwan, tapi merupakan imajinasi para penulis cerita fiksi ilmiah.
Para penulis itu telah membuat yang mustahil menjadi mungkin, seringkali dengan menantang hukum dari ilmu pengetahuan dan melewati batas-batas kenyataan. Ataukah mereka telah melihat gambaran masa depan melalui kemampuan imajinasinya kemudian menuangkannya dalam sebuah cerita fiksi?
Berikut ini adalah beberapa penemuan teknologi yang idenya berasal dari cerita fiksi ilmiah dan tentu saja sudah menjadi kenyataan di dalam kehidupan kita. Sekedar informasi untuk Anda bahwa imajinasi bukan sekedar khayalan sia-sia.
1. Telepon genggam
Dewasa ini siapa yang tidak mengenal telepon genggam atau handphone? Alat komunikasi pribadi ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan mobilitas setiap pribadi di kota-kota besar. Produksi secara masal telah menjadikan telepon genggam sebagai alat komunikasi murah dan cepat.
Matt Dodson sedang berjalan-jalan dengan temannya.
“Bicaralah, teleponmu berdering.”
"Oh!" Matt meraba-raba ke dalam sakunya dan mengambil teleponnya.
"Hello?"
"Kamu, ya, Nak?" terdengar suara ayahnya.
Dikutip dari cerita Space Cadet oleh Robert Heinlein, dipublikasikan oleh Scribner's Sons tahun 1948.
Baca selengkapnya »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar